Welcome to My Blog | 내 블로그에 온 걸 환영 | 私のブログへようこそ
Berjalan dengan kaki | Berkeliling dengan skuter | Belajar dengan hati | Supaya jadi dokter

Minggu, 28 Oktober 2012

Makna Sumpah Pemuda

Apakah makna Sumpah Pemuda bagi kalian? Mungkin tidaklah seberarti dengan apa yang dirasakan pemuda zaman dahulu.Saat ini,jangankan memikirkan artinya,isinya saja mungkin tidak semua hafal. Untuk mengingatkan anda,berikut ini adalah isi Sumpah Pemuda :

Soempah Pemoeda

Pertama

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOMPAH DARAH JANG SATOE,TANAH AIR INDONESIA

Kedua

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,BANGSA INDONESIA

Ketiga

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN,BAHASA INDONESIA

Ketika kita membaca atau mendengarkan teks diatas maka banyak akan ditemukan berbagai ekspresi. Banyaknya ekspresi,tentu akan mengundang banyak asumsi dari orang-orang yang mendengarnya,dimulai dari orang yang mekmalumi dengan kondisi tertentu,ada juga yang mencibir.
Namun,apapun ekspresinya yang kita harus pahami sekarang ialah bagaimana kita para pemuda dan pemudi Indonesia mempu mengisi hari-hari kita yang sekarang ini dengan hal-hal yang positif untuk membangun bangsa.
Mengartikan Hari Sumpah Pemuda tidak hanya dimaknai dari menghafal sejarahnya diluar kepala. Namun lebih dalam dari itu semua,yakni memahami dengan adanya Sumpah Pemuda kita bangsa Indonesia yang terdiri dari puluhan suku bangsa,ribuan pulau disatukan dalam sebuah ikrar dengan kesamaan tanah air,bangsa dan bahasa yang satu,yakni Indonesia.
Maka tugas kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia yakni dengan berusaha memajukan bangsa dan menjaga kesatuan Negara dari segala ancaman dari segala ancaman baik dari dalam (kerukunan atar suku-suku bangsa dan umat beragama) maupun dari luar (batasan wilayah,pemeliharaan kebudayaan dan lain sebagainya).
Untuk menjaga semua itu,tentunya kita harus mempunya semangat persatuan dan kesatuan yang tinggi. Semangat yang harus dimiliki setiap pemuda dan pemudi saat ini,semangat yang didasari dengan keyakinan,kemauan,kerja keras dan akhlak yang baik untuk selalu menjunjung tinggi kejujuran serta tidak haus akan sebuah kedudukan. Semangat yang akan menjadikan kita bersatu dan tidak mudah pecah belah.
Kenapa kaum muda? karena kaum muda memiliki semangat yang luar biasa dalam mengembangkan pikiran-pikiran kreatif untuk menghasilkan sesuatu. Dan cenderung untuk menghadapi resiko-resiko yang ada untuk menghadapi tantangan,tentunya yang bernilai positif. Namun,harus selalu diselingi rasa tanggung jawab yang tinggi atas apa saja yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar