Welcome to My Blog | 내 블로그에 온 걸 환영 | 私のブログへようこそ
Berjalan dengan kaki | Berkeliling dengan skuter | Belajar dengan hati | Supaya jadi dokter

Sabtu, 03 Maret 2012

Terungkap, Rahasia Big Bang & Penciptaan Bintang


Astronom menemukan ‘rantai yang hilang’ dalam evolusi alam semesta setelah Big Bang. Mulanya, ilmuwan tidak mengetahui apapun soal zaman kegelapan. Apa yang kini mereka ketahui?
Sebelumnya, periode antara peristiwa Big Bang pada 13,7 miliar tahun lalu dan penciptaan bintang pertama di alam semesta merupakan rahasia. Namun, ilmuwan dari Cambridge University berhasil membuat gebrakan baru.
Mereka menangkap cahaya yang dipancarkan dari lubang hitam tersebut untuk mencari tahu bagian yang sebelumnya tersembunyi dari sejarah alam semesta.
Ilmuwan berhasil menemukan sisa-sisa bintang pertama yang menjadi bukti setelah ledakan bintang awal. Yang mengejutkan, bintang tersebut 25 kali lebih besar daripada Matahari.
Profesor Max Pettini dari Institute of Astronomy, Cambridge, percaya bahwa penemuan gas tersebut mampu mengungkapkan asal usul alam semesta.
“Kami secara efektif mengintip ke Zaman Kegelapan menggunakan cahaya yang dipancarakan dari quarsar. Kami menemukan sejumlah kecil elemen yang muncul di awan pada proporsi yang sangat berbeda dari bintang normal saat ini.”
Paling signifikan, rasio karbon dari elemen tersebut 35 kali lebih besar dari karbon pada Matahari.
Bintang-bintang yang terbentuk pertama kali dipercaya memegang kunci mengenai bagaimana alam semesta berevolusi dari materi hidrogen dan helium menjadi satu elemen yang kana dan lebih berat seperti oksigen, karbon dan besi.
Sekitar setengah miliar tahun setelah Big bang, periode tersebut tidak dapt diakses oleh teleskop karena awan gas yang memenuhi bagian tersebut tidak transparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar